Smart City Bandung ...... (Wishing come true)

Bandung Lovely


Ya, saking cinta nya saya dengan kota ini, jikalau perusahaan startup saya established, saya akan comot kata bandung ini untuk nama perusahaan.

Bandung smart, creative, intuitive. Jikalau saya seorang leader di bidang technology, apa yang akan saya impikan untuk menuju bandung smart city?

Berikut beberapa hal yang saya impikan:


  1. Semua informasi baik itu transportasi, news tentang bandung ataupun apa itu menyatu dalam satu aplikasi yang dimonopoli. Kok di monopoli? Ya karena ini masalah trustable, ga pengen kan ada banyak berita hoax? Tapi bila terintegrasi dalam satu aplikasi, maka segala sesuatu informasi tersebut yang salah dan benar akan menjadi satu tanggung jawab namun tetap accountable.
  2. CCTV akses yang bisa diraih umum dan tersebar di segala penjuru kota bandung, sehingga semua info transportasi lebih realtime dan setidaknya akan memecahkan masalah kemacetan yang mulai parah apalagi di weekend dan liburan panjang.
  3. Sistem informasi yang prinsipal seperti Kepolisian, pajak, dan badan badan negara lainnya menyediakan akses portal untuk pelayanannya secara online. Contoh: pengurusan SIM, tilang dan lainnya diusahakan tidak ada lagi tatap muka secara langsung dengan alasan pertama menghindari adanya praktik ilegal suap dan kenyamanan pelayanan sehingga kita tidak disibukkan lagi dengan harusa pergi kesana kemari yang banyak menyita waktu
  4. Follow up E-KTP, ini dia yang paling disesalkan, seharusnya E-KTP itu sudah berfungsi dengan baik, tapi yang terjadi sekarang E-KTP sama saja dengan KTP biasa penggunaannya. Lah seharusnya gimana? Pernah melihat film tentang agen-agen US gitu kan? Nah dari informasi KTP itu pihak berwenang bisa menggunakan data tersebut untuk mencari penjahat misalnya, atau kita ingin membuka rekening bank, pihak bank tidak perlu lagi tanya-tanya lagi yang memakan banyak waktu, tinggal scan dan voila kita tinggal sign saja. Sangat memudahkan, namun private.
  5. Mendukung startup startup, caranya gimana? Buat sebuah even dimana nanti developer/startup dan yang mempunyai modal bertemu. Nanti dari pihak developer akan presentasi dengan produknya dan pemilik modal tinggal duduk manis sebagai audience untuk memilih siapa yang akan didanai nya.
  6. ECO-Green, yup, kerasa bukan makin sini bandung makin panas, mungkin karena makin padatnya bandung dengan dempetan rangka-rangka mesin yang memacetkan ibukota Jawabarat ini. Solusi nya? Gimana caranya mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan mengalihkannya menggunakan sepeda/kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan. begitu juga teknologi listrik yang jangan hanya mengandalkan PLN untuk sumber energi listriknya tapi pergunakan lah teknologi ramah lingkungan seperti solar cell atau kincir angin (bila memungkinkan)

Itu sebagian besar yang ingin dilakukan, Tentunya masih banyak yang ingin dikemukakan. Sekian dulu blog hari ini. Kita lanjut lagi kapan kapan, sayonara ^^

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »