1000 Startup Digital



Terima kasih 1000 startup digital,

Dengan mendatangkan beberapa speaker yang keren cool dan yg pasti patut ditiru langkahnya, saya jadi semakin menginginkan untuk bisnis di bidang teknologi. Dari sekian banyak speaker, beberapa saya ambil kesimpulan penting bagi saya yang sedang membuat prototype produk. Diantaranya yaitu making the product by the problem to make it solve, kemudian diadakan dahulu market validation yaitu agar mengetahui bahwa memang produk kita akan benar-benar dibutuhkan oleh konsumen seperti contoh CEO eFishery, dia mencoba melakukan market validation ke si Pak Haji yang juga sesama bisnis kolam ikan untuk ditawarkan produknya dan mendapatkan feedback kebutuhannya. Dan dalam hal ini konsumen harus kita targetkan untuk segmen mana, sebisa mungkin memilih semen yang memudahkan kita untuk deploy produk kita.

Dari permasalahan dan market validation maka inovasi produk diwujudkan dalam bentuk prototype/produk jadi. Dan dalam hal ini inovasi terbagi dua yaitu inovasi produk
yang memang belum pernah ada sebelumnya dan inovasi produk dalam hal penambahan fitur atau perbaikan-perbaikan dari produk sebelumnya.

Kemudian kita yang akan menjadi calon founder harus memiliki beberapa karakter yaitu:
- pantang menyerah (Modal wajib)
- mencari masalah dan menjadikan masalah tersebut menjadi potensi/peluang bisnis


Itulah beberapa kesimpulan yang saya tangkap dari hasil ignition. Mudah-mudahan bisa diterapkan di kehidupan di bisnis dan sehari-hari.


Cheers,


Fadli

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »