Pendahuluan (Preliminary)

Internet Of Things

Apa itu IOT? Mungkin masih banyak orang yang belum mengerti apa itu IOT. Saya coba jelaskan sesederhana mungkin apa itu. IOT adalah dimana aktivitas kita benda-benda elektronik ataupun elektronik dan segala hal yang berhubungan denganmu terhubung dengan internet. Contoh sederhananya, kita mempunyai TV di rumah dan karena kamu terburu-buru harus keluar untuk melakukan suatu aktivitas, kamu baru tersadar bahwa TV masih menyala. Lalu dengan smartphone mu kamu matikan TV tersebut dari jarak jauh.

Wow.. it's so amazing right??

Contoh lainnya di rumahmu terdapat seekor kucing yang sangat kamu sayangi, kamu ingin selalu tahu bagaimana keadaannya sekarang dan pada waktu itu kamu tidak bisa memberinya makan dikarenakan sedang di luar kota, sedangkan di rumah tidak ada siapapun. Lalu apa yang akan kamu lakukan? Kamu buka lagi smartphone, kamu minta kamera CCTV atau kamera apapun itu untuk memperlihatkan aktivitas si kucing, dan ketika kamu tahu bahwa kucing itu butuh makan, dengan sekali touch di smartphone..voila!! makanan kucing tiba-tiba mengucur dari box makanan menuju piring si kucing.

Apakah itu bisa? Tentu saja karena kita telah terhubung dengan internet, dimanapun kamu berada selama ada jangkauan BTS (Base Transceiver Station) kamu selalu dekat dengan apapun.

Yup, itulah kecanggihan dari sebuah internet. So, let's start learning basic of IOT ;)



Cheers,



Fadli


Share this

Related Posts

First