Perkenalan Devices Untuk IOT

Devices Module

Well, kita sudah mengetahui apa IOT atau setidaknya kita sudah mempunyai bayangannya. Sekarang mari kita coba kupas apa saja yang kita perlukan untuk membuat sebuah sistem atau ekosistem IOT itu sendiri.

sumber: imgbuddy.com

Kita misalkan lagi seekor kucing yg ingin kita sebagai objek yang akan dimonitor. Maka kita membutuhkan sebuah kamera, box yang berisi banyak makanan kucing dan bisa kita open or close remotely. Setelah itu kita membutuhkan tentu saja Internet sebagai akses dan terakhir bisa smartwatch, smartphone, laptop, tablet etc untuk mengendalikan kamera dan box makanan kucing. 
Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa aliran data dari kamera ataupun feedbox cat untuk mencapai internet bisa menggunakan kabe;, WiFi, ataupun berbasis nirkabel lain seperti bluetooth atau RF.

Yang akan saya coba bahas setelah ini adalah cara menggunakan WiFi module sebagai akses untuk IOT. Mengapa harus Wi-Fi, kenapa tidak kabel saja? Atau kenapa tidak bluetooth atau RF? Berikut pandangan saya untuk perbandingan ke tiap device:

Kabel, mempunyai keuntungan yaitu bisa murah bila digunakan jarak dekat dan gampang digunakan. Kerugiannya yaitu ribet karena bila tidak bisa menanganinya kabel terlihat berantakan, tidak flexible bila aktivitas kita mobile, juga bila di gigit tikus, kita susah menemukan dmn posisi kabel yang rusak.

Bluetooth, Yup dengan tentu saja keuntungannya praktis, mobile, dan compatible dengan semua smartphone, namun kerugiannya yaitu sifatnya yang 2 arah, belum bisa multi devices walaupun ada networking seperti TCP/IP untuk bluetooth bernama PAN (Personal Area Network) namun tidak umum digunakan.

RF (Radio Frequency), sama halnya dengan bluetooth namun lebih tidak praktisnya karena tidak compatible dengan device-device seperti laptop,smartphone etc

Wi-Fi, Tentu saja sifatnya mobile dan compatible dengan laptop ot smartphone dan multidevices sehingga bisa join ke suatu AP (Access Point) sebuah wireless router atau hub. Kecepatan transfer data yang tinggi dibanding bluetooth.

Well, setelah kita tahu perbandingannya saatnya kita memlih module device apa yang cocok untuk kita pakai. Sebenarnya banyak wifi module yang bisa digunakan, berikut sebagai referensi:
- XBee
- Arduino
- Intel
- ESP8266
- Dan lain masih banyak lagi

Module terakhir yang akan kita bahas di blog selanjutnya karena device nya yg begitu kecil dan harganya pun paling miring diantara module-module yang lain.

Sepertinya sudah terlalu malam, time elapsed so fast. :)



Cheers at 1 AM,


Fadli

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »